Cara daftar & pasang Google Analytics di blog

Google Analytics bermanfaat untuk memonitor blog anda dari aktivitas pengunjung yang telah mengunjungi blog anda. Data-data dari tampilan Analytics sangat membantu bagi anda dalam memonitor, selain itu, Analytics juga merupakan fasilitas statistik untuk blog yang banyak direkomendasikan oleh para blogger. Termasuk saya, sebagai seorang blogger padang yang suka corat coret di blog ini.

Cara daftar Google Analytics tidak sulit, silahkan anda buka Analytics disini, kemudian silahkan login dengan id / account gmail anda. Jika anda belum memiliki email di Gmal, silahkan buat dulu.

Setelah anda login, silahkan anda masukkan alamat blog anda yang ingin dipasangi analytics dengan klik ‘tambahkan profil situs/web’. Isi kolom dengan data-data yang diperlukan, setelah itu klik ‘selesai’. Maka anda telah berhasil daftar Google Analytics. Dan untuk membuat Google Analytics bekerja, anda harus menyisipkan kode html yang telah tersedia setelah proses submit blog tadi.

Cara pasang google analytics di blog (blogger), anda harus login dulu ke account blogger yang ingin anda pasangi Analytics. Kemudian pilih rancangan, dan edit html. Centang ‘Expand Widget Template’, dan jangan lupa back up dulu template anda sekedar untuk jaga-jaga jika ada kesalahan.

Kemudian silahkan anda cari kode </head> Untuk mempermudah proses pencarian kode tersebut, tekan control+F pada keyboar anda, lalu isikan dengan kode </head> Setelah itu, selipkan kode html yang telah tersedia di Google Analytics anda tadi. Save, dan selesai.

Tidak ada komentar: