Perbedaan keripik balado dan keripik sanjai



Ternyata bagi sebagian orang masih cukup bingung terhadap dua jenis makanan khas Padang tersebut. Contohnya, saya teringat bulan lalu, dimana tante saya meminta saya untuk mengirimkan keripik sanjai. Setelah saya kirimkan, ternyata tante saya justru bingung. “Lho, kok nggak ada cabenya sih? Kan tante pesan keripik sanjai..!”. Saya jadi semakin bingung, karena kalau tidak salah (saya yakin bahwa saya tidak salah dengar) tante saya memang meminta untuk mengirimkan keripik sanjai, tapi kok kenapa saya dibilang salah kirim?? Saya jadi semakin bingung.

Beberapa hari kemudian, saya baru teringat tentang hal itu. Bahwa keripik sanjai dan keripik balado itu berbeda. Wajar jika tante saya heran karena ternyata keripik yang saya kirim itu tidak ada cabenya, karena anggapan tante saya menyangka bahwa keripik sanjai adalah keripik yang dilumuri cabe. Kenyataannya itu adalah terbalik. Karena keripik sanjai tidak ada cabenya, alias benar-benar murni keripik yang terbuat dari singkong. Sedangkan keripik balado adalah yang keripik yang dilumuri cabe.

Semoga kejadian yang saya alami tidak terjadi juga dengan anda. Karena saya yakin, ada beberapa orang yang mungkin belum tahu tentang perbedaan keripik sanjai dan keripik balado.

Tidak ada komentar: